Pengertian Ilmu Biologi

Pengertian ilmu Biologi. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Biologi disebut juga ilmu hayat. Objek kajian biologi sangat luas, meliputi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi seperti manusia, tumbuhan, hewan, mikroorganisme serta faktor-fakto yang mendukung kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut yang meliputi makanan, tempat tinggal, pola hidup, lingkungan, dll.

Biologi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan tidak dapat berdiri sendiri, dan bergantung pada perkembangan ilmu lain. Penemuan-penemuan alat dan teknologi sangat mendukung perkembangan ilmu boologi. Seperti penemuan termometer, mikroskop, sinar X, dan lain-lain. Dengan dukungan dari ilmu-ilmu lain, Biologi berkembang menjadi ilmu pengetahuan yang populer, fleksible, inovatif dan serbaguna.

Seiring dengan perkembangan zaman, objek kajian Biologi pun bertambah banyak. Sehingga sangat tidak mungkin mempelajari nya tanpa melakukan pengelompokan dan spesisfikasi. Karena itu kemudian muncul cabang-cabang ilmu biologi. Keberadaan cabang-cabang biologi ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran tentang sesuatu secara lebih fokus dan spesifik. Jika bisa membayangkan sebuah pohon dengan banyak cabang yang rindang, maka seperti itulah Biologi di mata para pengamat ilmu pengetahuan.