Klasifikasi virus berdasarkan tropisme dan cara penyebaran

Klasifikasi virus berdasarkan tropisme dan cara penyebaran. Tropisme Virus adalah kemapuan interaksi struktur permukaan virus terhadap reseptor permukaan sel inang. Beberapa virus memiliki tropisme jaringan yang luas dan dapat menginfeksi berbagai jenis sel dan jaringan. Virus lainnya dapat menginfeksi terutama jaringan tunggal. Misalnya virus rabies mempengaruhi jaringan terutama saraf.

Cara penyebaran virus juga beragam. Virus menyebar dalam berbagai cara, dapat melalui sentuhan, gigitan hewan, batuk dan bersin, cairan tubuh, makanan atau minunam, hubungan seksual, paparan darah terinfeksi, dan lain sebagainya. Virus mempunyai kemampuan untuk menginfeksi banyak spesies. Dengan mencegah penyebarannya, maka kemungkinan terinfeksi virus menjadi sangat kecil.

Kalsifikasi Virus berdasarkan Triposme dan cara penyebarannya

Berdasarkan tropisme dan cara penyebaran, virus dibagi menjadi:

  1. Virus Enterik, yaitu virus yang menginfeksi saluran pencernaan atau usus. Parahnya, virus jenis ini juga dapat menyebar menyerang organ tubuh lain. Contohnya adalah virus dari genus polioviruses, coxsackieviruses, dan echoviruses. 
  2. Virus Respirasi, adalah virus yang menginfeksi saluran pernafasan. Contohnya adalah virus dari genus pneumovirus.
  3. Arbovirus, adalah istilah yang digunakan untuk sekelompok virus yang ditularkan oleh vektor arthropoda atau nyamuk. Contohnya malaria, dengue, dll.
  4. Virus onkogenik, adalah sejenis virus yang bersifat karsinogenik dan menyebabkan kanker pada hewan dan manusia. Contohnya papillomaviruses, virus Epstein-Barr, dll.
  5. Hepatitis virus adalah sejenis virus yang menginfeksi hati. Contohnya virus hepatitis A, B, C, D, dan E.