Biologi sebagai Ilmu | Biologi Bab I

Biologi sebagai Ilmu. Manurut Kamus Q – Pengertian dan Definisi, Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan faktor-faktor yang terkait dengannya.  Diantara semua makhluk hidup, manusia merupakan organisme yang memiliki derajat paling tinggi diantara semuanya. Karena manusia di karuniai akal, pikiran dan perasaan yang membedakannya dengan makhluk hidup lain. Dengan memiliki akal, pikiran dan perasaan manusia dapat mempelajari tentang kehidupan, makhluk hidup dan faktor-faktor yang terkait di dalamnya. Salah satunya adalah melalui ilmu buologi.

Ruang lingkup dan objek kajian ilmu Biologi sangat luas. Segala hal yang menyangkut tentang kelangsungan hidup makhluk hidup di pelajari dalam ilmu Biologi. Mulai tentang makanan, lingkungan, sistem kerja organ, dll. Biologi sebagai ilmu merupakan terobosan yang di buat manusia untuk mempelajari tentang dirinya sendiri dan segala hal yang ada di lingkungannya. Kenapa Biologi di sebut sebagai ilmu? Karena ilmu biologi memiliki ciri dan sifat ilmu pengetahuan. Untuk mengetahui ciri-ciri ilmu pengetahuan silah baca di SINI.

Biologi sebagai ilmu memberi sumbangan yang sangat besar pada kelangsungan hidup manusia pada khususnya. Karena dengan adanya ilmu Biologi, manusia dapat berpikir dan berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kelangsungan hidup. Kebutuhan dan kelangsungan hidup manusia yang dapat dipenuhi dan di upayakan dengan mempelajari ilmu Biologi antara lain adalah tentang pengadaan sumber makanan, obat-obatan, menghalau penyakit, mencegah penyakit, menjaga kelestarian lingkungan, dll.

Oleh karena itu, penting sekali bagi siapa saja untuk mempelajari ilmu biologi, meski tidak secara khusus, tapi tahu sedikit banyak akan membuatnya mampu bertahan hidup dalam iklim dunia yang mulai berubah.