Ruang Lingkup dan Objek Ilmu Biologi

Ruang Lingkup dan Objek Ilmu Biologi. Ruang lingkup ilmu biologi sangat luas. Dari segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan makhluk hidup hingga segala sesuatu yang menjadi faktor penunjang kehidupan makhluk hidup itu sendiri. Objek yang di pelajari dalam ilmu biologi juga beragam mencakup seluruh organisme hidup (komponen biotik) beserta lingkungannya (komponen abiotik).

Komponen biotik merupakan unsur yang meliputi semua makhluk hidup. Adapun komponen abiotik adalah seluruh unsur makhluk tak hidup. Organisme hidup sebagai komponen biotik dan lingkungannya sebagai komponen abiotik, dipelajari dalam Biologi baik secara terpisah maupun dalam satu kesatuan. Kedua komponen tersebut terdiri atas objek yang berbeda-beda.

Komponen biotik yang dipelajari sebagai objek Biologi mencakup seluruh organisme hidup, yang terdiri atas lima kingdom. Lima kingdom tersebut adalah Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Setiap kingdom ini memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda. Hal tersebut menjadi objek yang sangat menarik untuk dipelajari sebagai bahan kajian di dalam mempelajari Biologi. Bagaimana dengan Virus? Virus adalah makhluk dengan ciri yang khas. Ia memiliki ciri-ciri seperti makhluk hidup, namun juga memiliki ciri-ciri sebagai benda mati.  Meskipun begitu, virus tetap dipelajari dalam Biologi. Ada cabang Biologi tersendiri yang mempelajari tentang virus, yaitu Virologi.

Secara umum ruang lingkup biologi meliputi:

  1. Objek ilmu biologi itu sendiri yang di klasifikasikan kedalama 6 kingdom yaitu: animalia, plantae, fungi, protista, eubacteria, archaebacteria.
  2. Permasalah-permasalah yang timbul dalam kehidupan sehari-hari yang sedikit banyak berhubungan dengan ilmu biologi, seperti tentang virus, bakteri yang menjadi penyebab penyakit. Fungsi organ-organ tubuh, kelainan yang disebabkan oleh mutasi gen, dan lain sebagainya.
  3. Cabang-cabang ilmu Biologi

Secara umum objek ilmu biologi terbagi ke dalam 7 organisasi utama, yaitu:

  1. Organisasi Fungsional Tingkat Molekul
  2. Organisasi Kehidupan Tingkat Sel
  3. Organisasi Kehidupan Tingkat Jaringan
  4. Organisasi Kehidupan Tingkat Organ dan Sistem Organ
  5. Organisasi Kehidupan Tingkat Individu
  6. Organisasi Kehidupan Tingkat Populasi
  7. Organisasi Kehidupan Tingkat Ekosistem