Macam-macam Perubahan Struktur Kromosom

Macam-macam Perubahan Struktur Kromosom. Perubahan struktur kromosom adalah salah satu bentuk mutasi kromosom yang terjadi pada suatu individu. Mutasi kromosom akibat perubahan struktur kromosom melibatkan perubahan banyak gen dalam kromosom. Perubahan ini dapat memicu kelainan pada individu. Perubahan struktur kromosom ada beberapa jenis, yaitu:

Jenis-jenis Perubahan Struktur Kromosom

1. Delesi
Delesi terjadi jika suatu bagian atau segmen dari kromosom patah atau hilang pada saat pembelahan sel. Kromosom tempat fragmen tersebut berasal kemudian akan kehilangan gen-gen tertentu.
2. Duplikasi
Duplikasi terjadi Jika bagian segmen yang hilang pada saat delesi tersebut pindah ke kromosom homolognya. Disebut duplikasi karena pada kromosom homolog yang menerima patahan terjadi penggandaan gen-gen.
3. Inversi
Inversi terjadi jika sebagian segmen kromosom patah, lalu patahan tersebut tersambung kembali tetapi dengan posisi terbalik. Ada dua macam inversi, yaitu:
  • Inversi perisentrik, bila peristiwa inversi melibatkan perubahan posisi sentromer dan terjadi pada satu lengan kromosom.
  • Inversi parasetrik, bila peristiwa inversi tidak melibatkan perubahan posisi sentromer dan biasanya terjadi pada 2 lengan kromosom.


4. Translokasi
Translokasi terjadi salah satu bagian kromosom patah, lalu patahan tersebut tersambung atau menempel pada kromosom lain yang bukan homolognya.
5. Katenasi
Katenasi merupakan hasil translokasi dua kromosom tidak homolog sehingga menyebabkan dua pasang kromosom membentuk struktur seperti lingkaran.